Jumat, 08 Maret 2013

jajanan khas kuliner purwakarta



Wisata Kuliner Purwakarta :
 


Makanan khas Purwakarta adalah Sate Maranggi.
Pada mulanya sate maranggi yang terkenal adalah Maranggi Mang Udeng yang berjualan di Kecamatan Plered, tepatnya disekitar terminal Plered, yang membedakan dengan sate lainnya adalah bumbu kecapnya yang diolah hingga memiliki cita rasa unik-asam, manis, pedas.

Terdapat berbagai Jajanan Sate lainnya, kamu bisa Kunjungi Sate Anwar (Parakan Salam), Sate Si Jalu (Pasawahan), dan tempat lainnya.. 

Ada juga yang menyediakan Makanan Jenis Soto, anda bisa mengunjungi RM. Soto Sadang yang terletak dibawah Jembatan Layang Cikopak dan ditikungan Legok Barong. Disamping Soto Sadang, ada juga makanan khas purwakarta sejenis soto yang di tawarkan oleh warung makan yang bernama Soto Kiruh di jalan munjul jaya permai 2 (perum munjul baru) yang di tawarkan antara lain soto babat, soto ayam,soto kikil,dan soto daging sapi.
 
Rumah makan khas Sunda yang menyajikan ikan bakar, pepes, ayam goreng lengkap dengan sambal dadakan juga banyak terdapat di Purwakarta. Sebagai Pilihan anda Bisa Mengunjungi RM. Ciganea (Pintu Keluar Tol Jatiluhur & Jl. Kopi Ciwareng), Samara Pawon (Pasawahan), Ayam Goreng dan Sambel Sajolna (Jembatan Cikao), RM Sambel Hejo (Pintu Keluat Tol Jatiluhur), RM Pak Yadi (Tepi Danau Jatiluhur) dan tempat lainnya.
 
Oleh-oleh khas Purwakarta :
 
Simping Kaum 
Cemilan ini berbentuk lingkaran pipih, umumnya berwarna putih dan sangat renyah. Bahan utamanya terbuat dari campuran tepung terigu dan tapioka yang dibentuk adonan, kemudian dipanggang dengan alat khusus. Sentra produksinya ada di daerah Kaum Purwakarta
Simping tersedia dengan aneka rasa, ada rasa pandan, nangka, cabai, bawang, udang, keju, kencur, pisang dan susu. 


Peuyeum Bendul
Tape asal bendul terbuat dari bahan baku singkong, diberi ragi dan difermentasi selama satu malam. Peuyeum Bendul ini berbeda dengan tape umumnya, bentuknya lebih besar dan dijajakan dengan digantung. Pemandangan Peuyeum Bendul ini bisa dilihat jika melintas dari Cikampek lalu menyusuri Jalan Raya Bungursari Demikian pula bila menyusuri jalan raya di Wilayah Kecamatan Darangdan dari Bandung Menuju Purwakarta, Jenis tape ini banyak dipruduksi di daerag Desa Sukatani dan Desa Cibodas.



Gula Aren Cikeris
Manisan Pala
Colenak

Opak
Manggis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar