Jumat, 08 Februari 2013

Makanan Khas Lampung


SERUIT
Berbagai masakan khas Lampung sering terdengar oleh masyarakat Indonesia di manapun. Tak berbeda jauh dengan ciri khas Palembang, selain memang lokasinya berdekatan masyarakat Lampung juga mengadopsi masakan yang berbau ikan dan sambal asem manis.
Masakan khas Lampung adalah seruit, yaitu masakan ikan digoreng atau dibakar dan dicampur dengan sambel terasi, tempoyak (olahan durian) ataupun mangga. Jenis ikan adalah besarnya ikan sungai seperti belide, baung, layis dll, ditambah lalapan. Sedangkan minumannya adalah serbat, terbuat dari jus buah mangga kwini. Di toko-toko makanan dan oleh-oleh, juga terdapat makanan khas yaitu sambel Lampung, lempok (dodol), keripik pisang, kerupuk kemplang, manisan dll.
Hidangan lalapan dalam sambal seruit bisa bervariasi, namun di Lampung dikenal berbagai jenis tumbuhan yang cocok menjadi bahan lalapan. Selain timun, petai, kemangi, kol dan tomat. Namun tersedia pula lalapan jagung muda, pepaya dan adas.
Masyarakat lampung sangat mempercayai bahwa jika ingin makan sebaiknya tidak sendiri. Karena mencicipi masakan seruit tak ada hasilnya jika tidak dinikmati oleh teman-teman ataupun banyak orang. Sehingga yang selalu ada dibenak mereka adalah siapa yang akan diseruit jika tidak ada orang lain dan ingin nyeruit apa? Hal ini mungkin terjadi karena perkataan ini berarti siapa yang akan dijahili dengan rasa pedasnya sambal dari seruit itu. Selain itu, ada pula makanan khas Lampung, yaitu durian. Lokasi yang mudah dicari adalah Batu Putuk dan Sukadanaham.



KEMPLANG
Kemplang adalah kerupuk khas dari lampung, sumatera selatan dan sekitarnya, jadi kalo dibilang makanan khas lampung saya rasa gak juga karena daerah lain juga ada. Kerupuk ini cukup istimewa karena tidak digoreng dengan minyak melainkan di panggang sehingga tidak mengandung minyak goreng, ini bagus sekali buat yang mengurangi goreng-gorengan. Keenakan Kemplang sudah sangat terkenal karena disamping gurih juga tidak mengenyangkan sehingga bisa dimakan sebagai cemilan. biasanya makan Kemplang dengan cocolan sambel atau juga dengan cuka, rasanya muantep dijamin akan membuat kita ketagihan. Untuk mendapatkannya sekarang tidaklah sulit karena sudah banyak dijual di pasar maupun di supermarket-supermarket. dilampung sendiri sangat mudah ditemukan dengan harga mulai dari Rp. 1000 s/d Rp, 25.000 per bungkusnya tergantung banyaknya dan kandungan ikannya.

Bagi saya kemplang cukup enak dan termasuk makan kesukaan karena selain enak juga gurih .. apalagi kakak ku doyan banget yang namanya kemplang apalagi dimakan pake sambel .. waaduhh mantap banget pedas nya .

Jadi, panganan ini bisa direcomended buat oleh-oleh kalo kita pas berkunjung ke lampung dan sekitarnya. semoga opini ini bermanfaat buat rekan-rekan.



LAPIS LEGIT
Saya yakin sudah cukup banyak orang yang sudah tau lapis legit ini. Kata teman saya sih, bahan-bahan untuk membuat lapis legit adalah telur, susu, tepung t erigu, gula, dan masih beberapa lagi sih yang saya lupa itu,,hhee. Rasa lapis legit ini gak usah ditanya lagi, namanya saja sudah lapis legit, pasti rasanya leeggiittt lah.. Saya sih sudah sering mencobanya, memang benar-benar legit.

Sekian aja nih ya ‘jalan-jalan kuliner’ di lampungnya,. Sebenarnya masih banyak lagi makanan khas lampung yang lainnya, seperti kopi luwak, dodol lampung, engkak ketan, sekubal, dan masih banyak lagi….bagi yang belum pernah nyoba makanan diatas, wajib deh cobain.. Buruan deh ke lampung…


UMBU
umbu ialah suatu lalapan yang asli dari lampung. lalapan ini bukan berbentuk dedaunan hijau , umbu ialah lalap yang terbuat dari rotan muda yang di rebus hingga lunak . mungkin tebakan kalian makanan ini rasanya mirip dengan gabing? tetapi kenyataannya makanan ini jauh berbeda dengan gabing , umbu lebih cendrung berasa pahit seperti pare , tetapi pahit umbu ini dapat membangkitkan napsu makan loh.

Kripik Pisang Khas Lampung


Kripik Pisang Khas Lampung
tersedia Beberapa rasa : Keju, coklat, manis,asin, strawberi,
susu, moka
Harga Rp. 14.000/pcs

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar